Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN)

Sistem terintegrasi mencakup seluruh proses yang terkait dengan pengelolaan anggaran yang meliputi: penyusunan anggaran, manajemen dokumen anggaran, manajemen komitmen pengadaan barang dan jasa, manajemen pembayaran, manajemen penerimaan negara, dan manajemen kas, serta pelaporan.

Ruang Lingkup Bisnis:

1. Pembukaan dan Pengelolaan Rekening

Dalam rangka implementasi layanan SPAN terdapat beberapa rekening yang harus dibuka dan dikelola dalam rangka mengakomodir penyaluran APBN, antara lain:
a. Rekening Pengeluaran Kas BUN Pusat Gaji
b. Rekening Retur Gaji

2. Penyaluran Anggaran

Mekanisme Realisasi Anggaran Negara kepada Satuan-Satuan
Kerja Pemerintah.

3. Penyampaian Laporan

Mekanisme pelaporan atas transaksi yang sudah dilakukan melalui
layanan SPAN. Pelaporan dilakukan secara harian kepada
Direktorat PKN dengan menyampaikan ADK, rekening koran, untuk
masing-masing rekening di atas.

4. Content Management System

Proses penyediaan informasi data transaksi rekening di atas.

Keunggulan:

  • Penggunaan database tunggal terpusat
  • Perekaman data terpusat
  • Pembakuan business rules untuk semua proses serta analisis.
  • Dihapuskan sistem fee terhadap penyaluran APBN yang melalui LLG dan SKNBI seperti yang ada sistem Bank Operasional I
  • Mengurangi resiko transaksi retur.
  • Memberikan kemudahan bagi Satuan Kerja Pemerintahan dalam proses pembayaran gaji pegawai
  • Menghemat waktu
  • Memberikan keamanan dan kepastian pembayaran
  • Gaji diterima tepat waktu
  • Mendapatkan semua fasilitas Tabungan (termasuk e-Banking)