BNI Syariah Ekspor

Pembiayaan  Ekspor iB Hasanah adalah fasilitas pembiayaan yang diberikan kepada eksportir (perusahaan ekspor), baik dalam rupiah maupun valuta asing untuk keperluan modal kerja dalam rangka pengadaan barang-barang yang akan diekspor (sebelum barang dikapalkan/preshipment) dan/atau untuk keperluan pembiayaan proyek investasi dalam rangka produksi barang ekspor.

Jenis-jenis
Bentuk Pembiayaan Ekspor iB Hasanah dibedakan menjadi 2 (dua), yaitu:

  • Pembiayaan Ekspor iB Hasanah untuk pembiayaan pra-pengapalan (Pre Shipment).
  • Pembiayaan Ekspor iB Hasanah untuk pembiayaan Pasca Pengapalan (Post Shipment).


Sesuai sifatnya Pembiayaan Ekspor iB Hasanah pra pengapalan dibedakan menjadi 2 (dua) jenis, yaitu:

  • Pembiayaan Murabahah/Musyarakah Ekspor, yaitu fasilitas Pembiayaan Ekspor iB Hasanah untuk membiayai kegiatan ekspor berdasarkan suatu rencana tertentu biasanya dalam waktu periode satu tahun.
  • Pembiayaan Ekspor iB Hasanah/Transaksional, yaitu fasilitas pembiayaan ekspor untuk membiayai suatu transaksi ekspor tertentu atau bersifat transaksional (Transactie Financiering).

Persyaratan
Murabahah/Musyarakah Ekspor

  • Bagi nasabah pembiayaan eksportir baru yang belum mempunyai performance ekspor, fasilitas Murabahah/Musyarakah tahun pertama diberikan dalam bentuk fasilitas Murabahah/Mudharabah/Musyarakah Non Ekspor dan pada saat review berikutnya baru dapat dipertimbangkan untuk dapat diberikan fasilitas Murabahah/Musyarakah Ekspor.
  • Untuk nasabah ataupun nasabah pembiayaan baru yang mempunyai performance ekspor lebih dari 1 (satu) tahun dan aktivitas ekspornya disalurkan melalui BNI Syariah, dapat dipertimbangkan langsung untuk diberikan fasilitas Pembiayaan Ekspor iB Hasanah.

Pembiayaan Investasi Ekspor
Pembiayaan Investasi Ekspor dapat diberikan kepada eksportir apabila setelah masa trial run/beroperasi, minimal 50% hasil produksinya diekspor, dengan ketentuan selama masa pembangunan fasilitas Pembiayaan Investasi diperlakukan sebagai Pembiayaan Non Ekspor.

Ketentuan Biaya
Biaya Administrasi : ringan sesuai ketentuan yang berlaku
Asuransi : Kerugian
Notaris, Meterai, dll : Sesuai ketentuan yang berlaku
*Biaya sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu