Kemenag Investasikan Dana Haji ke Perbankan

INILAHCOM, Jakarta – Kementerian Agama melaporkan investasi dana haji ke perbankan sebesar Rp32 triliun.

Dirjen Haji dan Umroh, Anggito Abimanyu mengatakan proporsi tersebut Rp16 triliun masih berada pada bank konvensional. “Investasi pada Perbankan Rp32 triliun. Dari Rp32 triliun ke perbankan sekitar Rp16 triliun masih di konvensional,” ujar Anggito saat menghadiri migrasi dana haji ke perbankan BNI Syariah di Jakarta, Selasa (25/3/2014).

Menurut mantan Plt Badan Kebijkan Fiskal Kementerian Keuangan, migrasi dana haji tersebut harus sudah selesai pada Juni 2014. Selain itu, Kementerian Agama menginvestasikan dalam bentuk suskuk sebesar Rp35 triliun.

Anggito menyebutkan total dana haji mencapai Rp64,5 triliun. Termasuk ada dana tambahan sebesar Rp2,3 triliun. “Dana haji posisi Deseber 2013 sebesar Rp64,5 triliun setoran awal ditambah dana abadi umat Rp2,3 triliun. Itu adalah outstanding dana yang ada di rekening kemenag di perbankan dan anggaran pendapatan belanja negara,” jelasnya.

Anggito mengatakan dana haji pada bank dalam bentuk rupiah ke-17 bank dan 9 bank dalam bentuk valas. Hasil investasi akan kembali ke jamaah haji. “Proaktif pendanaan proyek umat itu tugas km dan haji nyaman dan memberikan hasil maksimal. Uangnya jamaah dikembalikan dalam bentuk pelayanan,” tuturnya. [hid]

Published: 25 Maret 2014

Web: http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2086098/kemenag-investasikan-dana-haji-ke-perbankan#.UzUCAM7NmSo