Gus Ipul Ajak Pelajar Menabung Sejak Dini

Surabaya – Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf mendukung gerakan menabung sejak dini bagi pelajar. Gerakan tersebut, akan mendatangkan manfaat positif bagi penabung maupun kemajuan bangsa.

Hal itu disampaikan di acara Aktivasi Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) BNI dan BNI Syariah di komplek sekolah Wachid Hasyim, Jalan Sidotopo Wetan, Surabaya, Selasa (27/10/2015).

“Dengan menabung, anak-anak bisa belajar disiplin menyisakan uang jajannya untuk ditabungkan. Kemudian, uang yang ditabung dapat digunakan untuk mempersiapkan dana pendidikan di masa depan,” kata Syaifullah Yusuf.

Wagub Jatim yang akrab disapa Gus Ipul ini menambahkan, dana yang dihimpun dari tabungan anak-anak, dapat digunakan untuk membiayai pembangunan yang muaranya tentu demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Menabung itu penting dan banyak manfaatnya. Mari kita biasakan menabung sejak dini,” terangnya.

Sejak diluncurkan produk Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) bersama 13 bank, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) dan BNI Syariah telah mengakuisisi lebih dari 1.500 siswa yang menabung produk ini secara nasional.

“Bentuk dukungan BNI atas simpel yang dicanangkan OJK. Dengan simpel ini, anak-anak berkontribusi untuk pembangunan, karena dana dihimpun untuk kredit pembangunan infrastruktur,” ujar Direktur Utama BNI Achmad Baiquni di tempat yang sama.

Ia menambahkan, di negara maju, pembiayaan infrastrukturnya menggunakan dana yang dihimpun dari tabungan masyarakatnya.

“Mari kita biasakan menabung sejak dini demi masa depan diri kita sendiri, dan masa depan bangsa yang lebih baik,” jelasnya.

Potensi dana yang dihimpun dari tabungan Simpel sangat besar. Jumlah pelajar dari berbagai tingkatan mulai SD, SMP dan SMA se Indonesia mencapai sekitar 50 juta. Sedangkan di Jawa Timur, ada sekitar 7 juta pelajar.

“Jika semuanya bisa menabung Rp 5 ribu per hari saja, bayangkan berapa dana yang bisa dihimpun untuk digunakan membangun bangsa ini. Jumlahnya luar biasa,” kata Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Darmansyah Hadad.

Ia menambahkan, menabung melalui Simpel sangat mudah, karena tidak ada biaya administrasi. Jika sehari menabung Rp 1 ribu pun juga boleh.

“Saya mendukung sepenuhnya apabila kepala daerah membuat gerakan rajin menabung bagi masyarakatnya. Mari kita gunakan uang kita dengan bijak dan cerdas demi kebahagiaan kita di masa depan. Menabung adalah salah satu caranya,” tandas Muliaman.

Dalam acara Aktivasi Tabungan Simpanan Pelajar BNI dan BNI Syariah di sekolah Wachid Hasyim, dihadiri ratusan siswa dari SMA Antartika, SDN Sidokepung, SDN Penjaringan Sari dan siswa siswi dari Taman Pendidikan Wachid Hasyim Surabaya.

Selasa 27 Oct 2015, 18:30 WIB
Jurnalis: Rois Jajeli – detikNews
http://news.detik.com/jawatimur/3054929/gus-ipul-ajak-pelajar-menabung-sejak-dini