Corporate Governance

Budaya Kerja BNI Syariah

Budaya Kerja: Nilai-nilai (values) dan keyakinan (beliefs) yang menjadi pedoman dalam berperilaku, yang dinilai penting bagi kelangsungan suatu organisasi

Values – prinsip-prinsip yang diyakini baik dan benar dalam menjalankan organisasi perusahaan;

Beliefs hipotesa yang melandasi suatu paradigma, yang diyakini sebagai sesuatu yang terbaik dalam menjalankan organisasi, selengkapnya klik disini

Good Corporate Governance (GCG) PT Bank BNI Syariah

Bank Indonesia melalui Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/33/PBI/2009 tanggal 7 Desember 2009 dan Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 12/13/DPbs tanggal 30 April 2010, tentang Pelaksanaan Good Corporate Governance bagi Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah telah mengamanahkan untuk melaksanakan suatu tata kelola Bank yang menerapkan prinsip-prinsip keterbukaan, akuntabilitas, pertanggungjawaban, profesional dan kewajaran.

BNI Syariah dalam rangka menjalankan amanah sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia tersebut, membentuk Pedoman Kebijakan GCG dalam rangka melindungi steakholders dan meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku serta nilai-nilai atau etika yang berlaku umum pada industri perbankan syariah.

BNI Syariah telah memiliki Pedoman Pelaksanaan GCG yang berdasarkan pada lima prinsip dasar yaitu keterbukaan (transparency), akuntabilitas (accountability), pertanggungjawaban (responsibillity), profesional (professional), dan kewajaran (fairness), dimana ke lima prinsip dasar GCG tersebut sejalan dengan prinsip prinsip tata kelola perusahaan secara islami yang berdasarkan Persaudaraan (ukhuwah) Keadilan (“adalah) Kemaslahatan (maslahah) dan Keseimbangan (tawazun).

Pedoman pelaksanaan GCG tersebut dijadikan pedoman dalam penyusunan Rencana Bisnis Bank BNI Syariah dan merupakan landasan pelaksanaan tugas seluruh unit organisasi baik di kantor pusat maupun kantor cabang dalam rangka menambah nilai ekonomi bagi Pemegang Saham dan stakeholders, dengan meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku serta nilai-nilai etika yang berlaku secara umum pada industri perbankan syariah dan kode etik BNI Syariah.

Adapun Pelaksanaan GCG pada BNI Syariah diimplementasikan antara lain dengan :

  1. Pelaksanaan tugas dan tanggungjawab Dewan Komisaris.
  2. Pelaksanaan tugas dan tanggungjawab Direksi.
  3. Kelengkapan dan pelaksanaan tugas komite.
  4. Pelaksanaan dan tugas DPS.
  5. Pelaksanaan prinsip syariah dalam kegiatan penghimpunan dana dan penyaluran dana serta pelayanan jasa.
  6. Penanganan benturan kepentingan.
  7. Penerapan Fungsi Kepatuhan.
  8. Penerapan fungsi Audit Intern.
  9. Penerapan fungsi Audit ekstern.
  10. Batas Maksimum Penyaluran dana, dan
  11. Transparansi kondisi keuangan dan non keuangan BNI syariah serta pelaporan GCG semester II (dua) dilaksanakan pada bulan Maret 2011 dan pelaporan internal.

Berikut laporan-laporan Good Corporate Governance secara lengkap: