BNI Syariah BSD Sasar Pembiayaan UMKM

Kerjasama KJKS UMKM  BNIS BSDJakarta, 3 Oktober 2013 – Sektor UMKM di Indonesia telah terbukti sebagai motor penggerak ekonomi Indonesia. Para pelaku usaha UMKM di Indonesia jumlahnya sangat banyak, namun masih sedikit yang mendapat akses pembiayaan dari lembaga perbankan.

Dalam rangka meningkatkan pembiayaan di sector UMKM, BNI Syariah BSD telah bekerjasama dengan Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) KPP UMKM Syariah yang berlokasi di Cikupa, Tangerang. Kerjasama ini diwujudkan dalam bentuk pembiayaan linkage program dengan pola eksekuting kepada KJKS yang nantinya disalurkan kembali kepada para pelaku usaha mikro. Kebetulan KJKS KPP UMKM Syariah ini sudah tersebar di 17 Kecamatan di Kab Tangerang.

Selain pola kerjasama pembiayaan produktif kepada para pelaku usaha mikro, BNI Syariah BSD juga memberikan layanan payroll gaji untuk seluruh karyawan KJKS KPP UMKM yang jumlahnya lebih dari 200 pegawai serta pickup service untuk setoran dari KJKS. Disisi lain untuk para karyawan KJKS KPP yang memenuhi syarat BNI Syariah juga memberikan fasilitas pembiayaan fleksi, griya maupun multiguna.

Kepala Cabang BNI Syariah BSD, Bp.Barno Sudarwanto, mengatakan bahwa kerjasama dengan KJKS KPP di Cikupa Tangerang ini merupakan salah satu bukti bahwa BNI Syariah peduli pada pembiayaan sektor UMKM. “Di BNI Syariah BSD sudah ada beberapa KJKS maupun koperasi di Tangerang ini yang telah kita biayai, dan alhamdulillah respon mereka sangat bagus. Kami menggunakan pola linkage program dengan pola eksekuting, sehingga semakin banyak UMKM yang secara tidak langsung dapat kami biayai.”

Dalam kesempatan penandatanganan kerjasama tersebut, Ketua KJKS KPP UMKM Syariah, Kamaruddin Batubara mengucapkan terima kasih atas bantuan permodalan untuk para pelaku usaha mikro ini. Dia berharap bahwa dukungan pembiayaan dari BNI Syariah dapat terus ditingkatkan dalam waktu yang akan dating, mengingat bahwa jumlah anggota KJKS ini sangat banyak, yakni 56.000 yang tersebar di 17 kecamatan.