Ekspansi Bank BUMN di Pasar Ekonomi Syariah

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Utama Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah Dinno Indiano mengatakan bahwa pembentukan Bank BUMN Syariah seharusnya dapat dilakukan untuk memperbesar pangsa pasar perbankan dan ekonomi syariah di Indonesia.

“Kami pernah menyampaikan sejauh pembentukan Bank BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Syariah itu dapat memperbesar pangsa pasar perbankan atau ekonomi syariah, saya pikir apapun caranya kami pasti mendukung,” kata Dinno di Jakarta, Rabu (17/7).

Pernyataan tersebut dia sampaikan dalam acara “Bincang-bincang Ramadan Jurnalis Ekonomi Syariah 2013″ dengan tema “Memacu Perbankan Syariah Melalui Optimalisasi Dana Murah” di Gedung Kementerian Agama.

Menurut Dinno, semua komponen ekonomi syariah akan setuju dengan pembentukan bank BUMN Syariah itu asalkan bertujuan memperbesar atau memperbaiki pangsa pasar perbankan dan ekonomi syariah di Indonesia.

“Wacana membentuk BUMN Syariah ini kan dari Menteri BUMN Dahlan Iskan. Keinginan Pak Dahlan itu sudah cukup lama, dan saya kira wacana itu bagus,” ujarnya.

Selain itu, dia berpendapat pembentukan Bank Syariah besar yang dipimpin BUMN dapat meningkatkan daya saing perbankan syariah.

“Wacana itu saya pikir sangat bagus untuk meningkatkan daya saing perbankan syariah. Karena bank syariah yang besar di Indonesia memang baru ada dua, dan lagi bank syariah masih harus bersaing dengan bank-bank konvensional,” katanya.

Dinno juga mengatakan bahwa pihaknya tidak berkeberatan bila BNI Syariah nantinya harus digabung dengan bank-bank syariah lainnya. “Tidak ada masalah bila BNI Syariah harus digabung dengan bank-bank syariah lainnya,” ucapnya.

Namun, dia mengaku hingga saat ini belum pernah ada pembicaraan lebih lanjut mengenai pembentukan Bank BUMN Syariah itu karena hal itu memang masih bersifat wacana.

Sebelumnya, Menteri BUMN Dahlan Iskan berencana mendirikan suatu bank syariah besar yang dipimpin oleh BUMN. “Saat ini, pemerintah sedang memikirkan untuk membuat bank syariah, di mana BUMN menjadi “leader-nya” (pemimpin), dan pasar Indonesia sangat menjanjikan,” ujar Dahlan.

Dia mengatakan Indonesia dinilai mampu menjadi negara yang memiliki bank syariah terbesar di dunia. Untuk merealisasikan hal itu, menurut dia, pemerintah mampu mengonversikan bank BUMN yang ada saat ini, seperti PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI).

Dia juga mengatakan pihaknya akan mencari kesimpulan tentang cara membuat bank syariah besar itu, “Apakah nanti dengan menyatukan anak usaha bank BUMN yang syariah ataupun mengonversi perbankan BUMN saat ini menjadi bank syariah. Dalam tiga bulan akan ada kesimpulan bagaimana caranya,” ujarnya. (Antara)
Editor: Agus Tri Wibowo

Published: Rabu, 17 Juli 2013 | 21:20 WIB

Web: http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/07/17/2/169017/Ekspansi-Bank-BUMN-di-Pasar-Ekonomi-Syariah