BNI Perkuat Layanan Digital di Inacraft 2017

JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) menggabungkan transaksi digital dan pameran kerajinan bertaraf internasional, yaitu Inacraft. Tahun ini merupakan dukungan BNI ke-13 sebagai partner utama Inacraft sejak tahun 2004, sebagai salah satu bentuk dukungan BNI terhadap pengembangan Industri Kreatif Karya Anak Bangsa.

Direktur Konsumer Banking Anggoro Eko Cahyo mengungkapkan dalam Inacraft kali ini BNI kembali menjadi satu-satunya bank yang mengelola transaksi keuangan selama event berlangsung. Kali ini seluruh transaksi didorong untuk Go Digital atau non tunai.

“Layanan yang mendukung transaksi keuangan tersebut melalui penyediaan Mini Banking BNI yaitu memperbanyak jumlah electronic data capture (EDC) di hampir seluruh booth tenant Inacraft 2017, dan mengoperasionalkan transaksi pembayaran dengan menggunakan produk-produk kartu BNI untuk bertransaksi,” ujar Kiryanto di Jakarta, Rabu (26/4/2017)

Produk-produk layanan unggulan BNI yang digunakan adalah Kartu Debit BNI, Kartu Kredit BNI, Kartu BNI TapCash, hingga penggunaan UnikQu. Seluruh transaksi berbasis digital tersebut telah dapat digunakan mulai dari hari pertama pembukaan hingga penutupan Inacraft 2017, yaitu pada hari Rabu-Minggu, 26 hingga 30 April 2017, di Jakarta.

Hadir pada acara pembukaan Inacraft 2017 adalah Presiden RI Joko Widodo, Direktur Konsumer Banking BNI Anggoro Eko Cahyo, serta Direktur  Jaringan & Usaha Kecil BNI Catur Budi Harto. Anggoro mengatakan, BNI menghadirkan 38 mitra binaan yang berasal dari Rumah Kreatif BUMN (RKB), Kampoeng BNI dari berbagai kota di Indonesia, serta Mitra Binaan lainnya yang memanfaatkan pembiayaan khusus pelaku usaha mikro-kecil-menengah (UMKM) BNI.

Mitra Binaan tersebut berasal dari Jakarta, Padang, Bali, Palembang, Pontianak, Banjarmasin, Makassar, Tasikmalaya, dan Pekalongan. “Mereka terbagi dalam berbagai bidang usaha antara lain Fashion (tenun, batik atau pakaian jadi), Kerajinan Kulit, Jewellry & Aksesories, Spa & Aromatheraphy, serta Handicraft lainnya,” ujarnya.

Lebih dari 1.140 EDC BNI atau lebih dari 90% jumlah booth tenant di Inacraft 2017 telah diaktifkan. BNI juga membuat Inacraft 2017 ini menjadi berbeda dengan menghadirkan dua produk e-money unggulannya yaitu BNI TapCash sebagai sebagai e-money berbasis kartu, dan produk UnikQu sebagai e-money berbasis server. Inacraft 2017 ini merupakan event Inacraft pertama ditanamkannya produk UnikQu ini, sebagai alat pembayaran secara elektronik dimana penggunanya dapat menggunakan telepon genggam pada saat bertransaksi.

Seluruh layanan transaksi digital dari BNI ini menjadi satu-satunya alat pembayaran di booth-booth food & baverage, dan menjadi salah satu pilihan utama cara bertransaksi pada saat membeli tiket masuk di ticket box serta melakukan pembelian produk di booth-booth tenant penyedia kerajinan di Inacraft 2017.

Agar menjadi daya tarik bagi pengunjung, BNI menyediakan beragam promo bagi setiap pembelian produk Inacraft 2017 yang menggunakan produk-produk layanan elektronik BNI. Promo tersebut antara lain memberikan diskon hingga 20% bagi pengunjung yang bertransaksi di booth-booth mitra binaan BNI serta booth-booth tenant lain yang menunjukkan tanda khusus.

“Perusahaan anak yang ikut serta mendukung acara Inacraft 2017 adalah BNI Syariah dan BNI Life. BNI Syariah menawarkan produk andalannya BNI Syariah Kartu Haji & Umroh dan IB Hasanah Card. BNI Life memperkenalkan produk dan jasa unggulan lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan pengunjung dan peserta Inacraft 2017,” ujar Anggoro.

Sementara itu, BNI Life pun turut serta melayani pengunjung Inacraft 2017 dengan berbagai produk asuransi jiwa unggulan baik untuk kesehatan, kecelakaan, serta asuransi jiwa kredit untuk melengkapi kebutuhan pembiayaan nasabah. Produk unggulan yang ditawarkan antara lain BNI Life Proteksi Wira Usaha sebagai asuransi perlindungan terhadap fasilitas kredit BNI Wira Usaha (BWU) dan Kredit Usaha Rakyat (KUR), serta produk Mustapa BNI Life dengan premi mulai hanya Rp50.000/ tahun yang memberikan pertanggungan kecelakaan hingga Rp 30.000.000.

Sesuai dengan Visi BNI untuk menjadi Lembaga Keuangan yang Unggul dalam Layanan dan Kinerja, BNI Group senantiasa menyediakan layanan produk dan jasa keuangan yang lengkap dan menyeluruh sebagai one stop financial services, sehingga mampu memberikan solusi untuk berbagai kebutuhan keuangan nasabah. Hal ini didukung dengan beragam channel distribution BNI dengan layanan yang saling terintegrasi, baik melalui Kantor Cabang maupun layanan Digital Banking, bersama-sama dengan Perusahaan Anak sebagai satu kesatuan BNI Group.

Inacraft 2017 merupakan event bertaraf International yang tidak hanya sekedar kegiatan pameran yang mengutamakan transaksi jual beli, melainkan juga sebagai pameran yang diselenggarakan dengan maksud memberikan apresiasi kepada produk unggulan khas Indonesia. Dengan adanya pameran ini diharapkan dapat memacu dan mengasah kreativitas perajin untuk selalu melakukan inovasi terhadap produknya.

Event ini merupakan kesempatan yang sangat berharga bagi para pelaku usaha kerajinan untuk memamerkan produk-produk kerajinan tangan berkualitas tinggi dan memiliki potensi bisnis menjanjikan dari berbagai wilayah di Indonesia. Dengan menjadi salah satu peserta Inacraft 2017, mereka mendapatkan kesempatan untuk menembus pasar internasional.

 

Rabu, 26 April 2017 – 18:19 WIB

Jurnalis: Hafid Fuad

Sumber berita: https://ekbis.sindonews.com/read/1200379/178/bni-perkuat-layanan-digital-di-inacraft-2017-1493205553